Pastikan Pengawasan Efektif dan Bermartabat, Panwaslu Kecamatan Gelar Rapat Koordinasi Partisipatif Pemuli 2019

INDONESIASATU.CO.ID:

JENEPONTO- Dalam meningkatkan pengawasan yang betul-betul efekti dan bermatabat Panwaslu Kecamatan Binamu. Menggelar rapat koordinasi pengawasan Partisipatif pada pemilu dan pilpres 2019.

Rapat koordinasi yang dihadiri lebih 35 orang dari unsur Tripika, pemerintah Kelurahan/Desa, tokoh masyarakat, agama, pemuda, dan pemilih pemula se- Kecamatan Binamu itu berlangsung di cafe the primier jalan Sungai Kelara Kelurahan Empoang, Kecamatan Binamu, Kabupaten Jeneponto. Senin,(12/11/2018)

Pembawa materi dalam rakor tersebut, yakni, Camat Binamu M. Basuki Baharuddin, Ketua Bawaslu Jeneponto Saiful, SH, Kordiv Pengawasan, Humas dan hubungan antar lembaga Bawaslu Jeneponto, Hamka, Danramil Binamu dan Wakapolsek Binamu.

Ketua Bawaslu Kabupaten Jeneponto, Saiful, SH dalam sambutannya saat membuka acara itu, menegaskan, dalam mengawasi penyelenggaraan pemilu 2019, peranan masyarakat dalam mengawasi pelaksanaan pemilu harus betul-betul aktif untuk mewujudkan pemilu yang berintegritas dan bermartabat.

"Undang-Undang Pemilu mengamanahkan peran aktif masyarakat dalam pengawasan partisipatif, ikhtiar pengawas pemilu dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengawasan pemilu, yakni mendorong secara aktif peran masyarakat untuk melakukan pengawasan disemua pelaksanaan tahapan pemilu legislatif dan presiden dan wakil presiden," jelas Saiful

Dalam acara tersebut, Saiful sangat menekankan pentingnya partisipasi masyarakat dalam pengawasan pemilu dalam rangka pencegahan agar tidak terjadinya pelanggaran-pelanggaran dan potensi kerawanan dalam Pemilu nantinya. 

"Kami harap tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan agama agar dapat menyampaikan dan membantu pengawasan supaya pesta demokrasi ini menjadi berkualitas dan bermartabat," ujarnya

Dan saat memberikan materi, Saiful, juga menjelaskan tentang mekanisme dan tata cara pelaporan dugaan pelanggaran yang bisa dilakukan oleh masyarakat kepada pengawas pemilu.

Sementara itu kepala wilayah kecamatan Binamu, Basuki Baharuddin,SE berharap kepada semua pihak untuk mengambil bagian dalam pengawasan Pemilu. Sehingga pemilu pada tahun 2019 mendatang dapat berjalan dengan baik.

"Koordinasi dengan pihak terkait memang sangat penting dalam menghadapi pemilu, Insya Allah, pemerintah akan berupaya untuk aktif dalam melaksanakan pengawasan partisipatif. Untuk itu, kami menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk selalu menjaga situasi yang kondusif khususnya di wilayah Kecamatan Binamu," harap Basuki.

 

Penulis: Samsir

 

  • Whatsapp

Index Berita