Kadisbud Jeneponto: Guru Tidak Berhak Dapat Sertifikasi Jika Tak Cukup Jam mengajar

samsir, 01 Apr 2019,
Share w.App T.Me

JENEPONTO,- Berdasarkan UU Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI), tahun 2018 tentang pemenuhan jam kerja setiap guru. Guru wajib berada di sekolah 37,5 jam setiap minggu di sekolah.

Jika itu dipenuhi maka guru berhak mendapatkan tunjangan sertifikasinya. Sebaliknya jika hal tersebut tidak dipenuhi maka guru tentunya tidak berhak mendapatkan tunjangan profesi atau disebut dengan sertifikasi guru.

Hal itu diungkapkan oleh, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jeneponto Drs, Nur Alam Basir kepada Indonesiasatu.co.id, Senin (01/4/2019).

Ia menjelaskan, bagi guru yang tidak memenuhi jam mengajar dan jam tatap muka atau jam kehadirannya di sekolah. Sebagaimana diatur Kemendikbud tersebut, maka tentu tidak berhak mendapat tunjuangan profesi guru.

Dikatakan, guru wajib berada di sekolah selama 37,5 jam setiap minggunya, jika sertifikasinya ingin diterbitkan.

"Jika itu tidak dilakukan oleh guru - guru di sekolah ?, maka saya akan mempersoalkan sertifikasi mereka," ungkapnya.

Ia juga menjelaskan, setiap guru tidak diatur jam mengajarnya, yang penting lamanya. Harus berada di sekolah 37,5 jam setiap minggu.

Menurutnya, bukan dari jam mengajarnya, karena kalau jam mengajar mungkin hanya satu dua jam dalam sehari. Tetapi guru harus berada di sekolah sesuai aturan Kemendikbud.

"Apabila kurang dari jam itu saya tidak akan terbitkan sertifikasinya. Itu urusan saya, dalam rangka menjamin bahwa guru mengajar sesuai dengan tupoksinya sesuai jam yang telah diatur.

Lanjut dia, jika ada guru yang tidak masuk mengajar berarti dia akan merugikan dirinya sendiri, karena tidak cukup jamnya dan mereka tidak berhak mendapatkan sertifikasi, tambahnya.

 

Editor : Samsir
PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu