Bangunan SD di Jeneponto Gunakan Pasir Laut dan Air Asin, Secara Teknis Itu Tak Masalah

INDONESIASATU.CO.ID:

JENEPONTO- Bangunan Sekolah Dasar (SD) No. 246 Pulau Harapan aneh tapi nyata. Pasalnya bangunan tersebut menggunakan pasir laut dan air asin. Namun pihak rekanan tidak meragukan konstruksi bangunan sekolah itu secara teknis.

Bangunan SD dimaksud, berada dipertengahan laut  yang diberi nama Kampung Pulau Harapan, di Dusun Pa'lameang, Kelurahan Bontorannu, Kecamatan Bangkala, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan. 

Diketahui, SD nomor 246 Pulau Harapan dan satu unit bangunan rumah dinas itu, dalam pengawasan tim Pengawal dan Pengamanan Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kejaksaan Negeri Kabupaten Jeneponto. Waktu pelaksanaan 120 hari kerja, mulai tertanggal 9 Juli 2018 dan rencana penyelesaiannya tanggal, 9 Desember 2018. Namun pengerjaan belum rampung 100%.

Saat dikonfirmasi, Kepala Sekolah SD No. 246 Pulau Harapan, Mahmud kr. Sewang mengaku, pembangunan sekolah SD Pulau Harapan sudah terlambat proses pengerjaannya, karena keterlambatan pencairan anggaran.

"Sebenarnya sudah lewat masa waktu pengerjaannya, karena anggaran yang terlambat cair, makanya terlambat juga selesai. Harusnya sudah selesai cuma anggarannya terlambat," ucap Mahmud, kepada indonesiasatu.co.id, Sabtu, (12/12019).

Ia juga mengaku, jika material yang digunakan membangun, seperti pasir dan airnya tidak jauh dari lokasi bangunan sekolah itu juga.

"Jujur saja pak, saya terus terang saja. Air dan pasir putih yang kita gunakan mengandung asin juga. Pasirnya itu pas didepan sekolah ji juga diambil, sedangkan airnya ada sumur didekat sekolah, itu juga yang digunakan, karena tidak ada air tawar dan pasir sungai disekitar Pulau Harapan pak," katanya.

Lanjut dia, meniru ucapan konsultan (Ical) bagus katanya kalau pasir putih dengan semen Bossowa yang digunakan campurannya itu akan menyatu. Dan secara teknis itu tidak masalah.

"Jadi saya itu pak, tidak berani berbuat kalau tidak ada dari konsultan baru saya berbuat. Berarti saya salah kalau saya berbuat sendiri," jelasanya.

 

Editor : Samsir
  • Whatsapp

Index Berita